advertisement

Ajarilah Kejujuran Pada Anak Anda Sedari Kecil

Suatu ketika tanpa disangka-sangka anak Anda yang sedemikian lugu saat ia kecil tiba-tiba membohongi Anda dengan menyangkal telah memakan kue di atas meja yang sedianya akan Anda suguhkan pada tamu yang akan berkunjung di rumah pada saat itu. Anda tentu akan kecewa sekali pada anak Anda tersebut. Di samping ia telah membuat Anda malu kepada tamu karena saat Anda hendak menyuguhkan kue tersebut, ternyata kue Anda menjadi tidak mencukupi. Anda juga kecewa kepada anak Anda yang telah tidak jujur mengakui bila ia telah memakan makanan tersebut.

Sebaiknya dalam kasus anak Anda tersebut, Anda tidak boleh menghukumnya dengan hukuman yang berat saat itu juga. Hukuman untuk anak Anda itu juga seharusnya dilakukan setelah tamu sudah pergi meninggalkan rumah Anda, karena dengan menghukum anak Anda didepan tamu akan membuatnya minder atau tidak percaya diri di kemudian hari. Anda mungkin bisa menghukum anak Anda dengan cara tidak memberikan uang jajan kepadanya selama satu minggu karena kesalahannya tersebut dan dengan sendirinya ia akan menyadari akibat dari perbuatannya yang salah itu.

Ketidak jujuran anak Anda juga mungkin dikarenakan ia tidak berani memberitahukan kepada Anda saat ia akan mengambil kue tersebut, karena ia takut Anda marah padanya dan tidak memperbolehkan ia memakannya, padahal ia sangat ingin memakannya. Sebaiknya saat itu Anda langsung menasihatinya agar lain kali ia harus bertanya terlebih dahulu sebelum memakan setiap kue yang terdapat di meja makan.

Anda juga harus menanamkan sikap jujur kepadanya agar langsung mengakui dengan jujur setiap perbuatannya yang salah. Mengajar sikap jujur pada anak memang sebaiknya dimulai saat ia masih kecil, karena dengan mengajar sikap jujur kepadanya mulai ia kecil, saat ia dewasa ia akan menjadi orang dewasa yang selalu bertindak jujur atau tidak berbuat curang pada orang lain. Anda juga harus memberitahukan secara jelas hukuman kepada anak Anda bila ia melakukan hal yang sama dikemudian hari, sehingga ia menyadari setiap kesalahan pasti ada hukumannya.

Nilai keagamaan dalam melakukan perbuatan tidak jujur, yakni berbohong adalah dosa bagi setiap yang melakukannya.
Tanamkan bahwa Tuhan juga akan menghukum umatNya yang berbohong tersebut di kemudian hari saat kita bertemu denganNya.Dengan mengajar anak jujur dalam setiap perkara maka kita harapkan anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang bisa dipercayai oleh semua orang, sehingga kesuksesan selalu menghampirinya kelak saat ia sudah dewasa.

bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark bookmark
tabs-top banner ad

One Response to “Ajarilah Kejujuran Pada Anak Anda Sedari Kecil”

  1. tiyangatmojo says:

    Setuju sekali, anak-anak memang harus dibiasakan berbuat dan bersikap yang baik sedari kecil. Karena sudah kita ajarin saja, terkadang belum tentu sesuai edngan yang kita harapkan apalagi kalau tidak kita ajarin. trims

Leave a Reply